MAKALAH PENGKAJIAN NYERI PADA ANAK : MATERI KULIAH KEPERAWATAN ANAK

PENGKAJIAN NYERI PADA ANAK

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Keperawatan Anak

MAKALAH


Di susun oleh  :
Neng Restu Juwita Sari             (220110146010)
Rini Nuraeni                               (220110146011)
Asmi Dinul Islami                       (220110146012)
Ipan Juliansyah                          (220110146013)
Yoga Abdul Manaf                    (220110146014)
Agiesta Sephya Shobarina        (220110146015)         
Rianti Kesumawati                    (220110146016)
Tiara Sagita Dewi                      (220110146037)
Fitri Aprianti                              (220110146018)
Tingkat IV A


DIREKTORAT PENDIDIKAN DAN KEMAHASISWAAN
UNIVERSITAS PADJADJARAN
2017


 BAB II
TINJAUAN TEORITIS
2.1 Definisi Nyeri
International Association For Study of pain disingkat (IASP) mengatakan bahwa nyeri adalah sensor subjektif dan emosional yang tidak menyenangkan yang didapat terkait dengan kerusakan jaringan aktual maupun potensial, atau menggambarkan kondisi terjadinya kerusakan. (James and Ashwill, 2007).
Berman, Snyder, Kozier, dan Erb (2009) menyatakan bahwa nyeri adalah sensasi yang sangat tidak menyenangkan dan sangat individual yang tidak dapat dibagi dengan orang lain
2.2 Klasifikasi Nyeri
Nyeri dapat dijelaskan berdasarkan durasi, lokasi, atau etiologi (Berman, Snyder,  Kozier, dan Erb 2009), sebagai berikut :
1.      Berdasarkan lama atau durasinya
a.       Nyeri akut
Nyeri akut adalah nyeri yang dirasakan selama periode penyembuhan yang diharapkan, baik yang awitannya tiba-tiba atau yang lambat dan tanpa memperhatikan intensitasnya. Nyeri akut pada anak, contohnya : nyeri tindakan invasive, nyeri pasca operasi, sakiut kepala, sakit perut, dan lainnya.
b.      Nyeri kronik
Nyeri kronik adalah nyeri yang berlangsung berkepanjangan, biasanya nyeri berulang atau menetap sampai 6 bulan atau lebih, dan mengganggu fungsi tubuh. Contoh nyeri akut pada anak antara lain nyeri kanker dan nyeri sedasi perawatan akhir hidup.
2.      Berdasarkan sumbernya
a.        Nyeri kutaneus/supervisial, yaitu nyeri yang beasal dari jaringan kulit atau subkutan, contohnya luka akibat teriris kertas yang menimbulkan nyeri tajam dengan sedikit rasa terbakar.
b.      Nyeri somatik dalam, yaitu nyeri yang berasal dari ligamen, pembuluh darah, tulang, tendon dan syaraf. Nyeri menyebar dan cenderung berlangsung lebih lama dibandingkan nyeri kutaneus, contohnya adalah nyeri pengalaman kaki yang terkilir.
c.        Nyeri viseral, nyeri yang dihasilkan dari stimulasi reseptor nyeri dalam rongga abdomen, kranium dan thorak. Nyeri viseral sering kali disebabkan karena spasma otot, iskemia, atau regangan jaringan. Obstruksi usus akan mengakibatkan nyeri viseral.
3.      Berdasarkan lokasi/letak
a.       Nyeri radiasi
Nyeri radiasi adalah nyeri yang menyebar, disarankan pada sumber tempat nyeri dan menyebar ke jaringan sekitarnya, contohnya nyeri jantung tidak hanya dirasakan dibagian dada namun menyebar kesepanjang bahu kiri dan turun ke lengan
b.      Nyeri Alih (Referred Pain)
Nyeri alih adalah nyeri yang dirasakan jauh dari yang menyebabkan nyeri. Nyeri alih contohnya yaitu, nyeri bagian visera abdomen yang dirasakan dibagian kulit yang jauh dari organ penyebab nyeri
c.       Nyeri yang tidak dapat dilacak (intractable Pain)
Nyeri yang tidak dapat dilacak adalah nyeri yang sulit diatasi, misalnya nyeri pada keganasan atau kanker maligna.
d.      Nyeri neuropatik
Nyeri yang disebabkan oleh kerusakan sistem syaraf pusat/tepi. Nyeri neuropatik berlangsung lama, tidak menyenangkan, dan dapat digambarkan sebagai rasa terbakar, tumpul, dan gatal: nyeri tajam, seperti ditembak dapat juga dirasakan.
e.       Nyeri Phantom
Nyeri phantom adalah sensasi yang sangat menyakitkan yang dirasakan pada bagian tubuh yang hilang (mis, kaki yang diamputasi) atau yang mengalami paralisis karena cedera medula spinalis. Nyeri neuropatik dapat dibedakan dari sensasi phantom yaitu perasaan bahwa bagian tubuh yang hilang masih tetap ada.
4.      Berdasarkan penyebab/etiologi
a.       Nyeri fisik
Nyeri fisik adalah nyeri yang bisa terjadi karena stimulus fisik (mis, fraktur femur).
b.      Nyeri Psycogenic
Nyeri psycogenic terjadi karena sebab yang kurang jelas atau sulit diindentifikasi, bersumber dari emosi atau psikis dan biasanya tidak disadari (mis, seseorang yang marah-marah, tiba-tiba merasa nyeri pada dadanya) nyeri mungkin saja disebabkan oleh perpaduan kedua etiologi.
2.3 Prinsip pengkajian nyeri
Respon anak terhadap nyeri mengikuti pola perkembangan dan dipengaruhi temparemen, kemampuan koping, dan pajanan terhadap nyeri dan prosedur menyakitkan sebelumnya. Pengkajian nyeri perlu menggunakan strategi untuk pengkajian membantu dalam memperoleh hasil pengkajian nyeri yang lebih akurat. Strategi-strategi ini termasuk menanyakan anak (dengan kata-kata yang sesuai tingkat perkembangan kognitif dan bahasa) orang tua, pengamatan perilaku dan respon psikologik, serta penggunaan skala nyeri (Kathlellen, 2008)
Pengkajian nyeri pada anak yang menyeluruh dan akurat adalah kunci untuk menentukan intervensi nyeri yang baik dan efektif (Potts & Mandleco, 2012). Pengkajian nyeri terdiri dari dua komponen utama yaitu riwayat nyeri untuk mendapatkan data klien dan observasi langsung terhadap respon perilaku dan psikologis klien (Berman, Snyder, Kozier, dan Erb 2009)
Hockenberry&Wilson (2009) menyatakan bahwa terdapat 3 tipe pengukuran nyeri yang telah dikembangkan untuk mengukur atau menilai nyeri pada anak, yaitu behavioral measures, physiologic measures, and self repport measures, yang penerapannya bergantung pada kemampuan kognitif dan bahasa anak.
2.4 Wawancara nyeri dan riwayat nyeri
Pengkajian awal pada anak meliputi riwayat nyeri dan informasi kompherensif tentang pengalaman nyeri anak pada masa lalu, strategi perawatan, dan segala sesuatu yang disukai anak perawat perlu menanyakan kepada anak dan pengasuh anak (mis, orang tua) tentang intevensi dan strategi koping yang telah berhasil dimasa lalu. Pengkajian nyeri meliputi PQRST (Perensence Of Pain, Quality, Radiation, Saverity, Timing) yang dilakukan oleh perawat dengan cara mewawancarai orang tua (atau primary kare provider) dan anak.
Dan kemudian anak diberi kesempatan untuk menggambarkan dan menilai rasa nyerinya dengan menggunakan skala pengukuran nyeri. Pada anak-anak secara perkembangan kognitif belum mampu menggambarkan atau mengungkapkan nyeri yang dirasakannya, perawat melakukan pengkajian kepada orang tuanya. Informasi yang diberikan orang tua harus dihargai sebagai jawaban klien
Pengkajian nyeri secara sistematis untuk memperoleh riwayat nyeri akan menunjukan penilaian yang lebih komprehensif (Potts & Mandleco, 2012)
Pengkajian nyeri berdasarkan tingkat perkembangan (James & Ashwill, 2007) yaitu:
a.       Neonatus dan bayi
·         Biasanya menunjukan perubahan dalam ekpresi wajah, termasuk mengerutkan kening, menyeringai, alis berkerut, ekspresi terkejut dan wajah berkedip
·         Menunjukan peningkatan tekanan darah dan denyut jantung dan penurunan saturasi oksigen.
·         Bersuara tinggi, tegang, menangis keras.
·         Ektremitas menunjukan tremor
·         Menuntukan lokasi nyeri, memijart daerah tersebut dan menjaga bagiannya
b.      Toddler
·         Menunjukan dengan menangis keras
·         Mampu menyampaikan secara verbal unruk menunjukan ketidak nyamanan seperti “ aduh “, “sakit”
·         Mencoba untuk menunda prosedur karena dianggap menyakitkan
·         Menunjukan gelisah umum
·         Menyentuh area yang sakit
·         Lari dari perwat
c.       Pra sekolah
·         Sakit dirasakan sebagai hukuman atas sesuatu yang mereka lakukan
·         Cenderung menangis
·         Menggambarkan lokasi dan intensitas nyeri
·         Menunjukan regresi untuk prilaku sebelumnya, seperti kehilangan kontrol
·         Menolak rasa sakit untuk menghindari kemungkinan di injeksi
d.      Sekolah
·         Menggambarkan rasa sakit dan mengukur intensitas nyeri
·         Menunjukan fostur tubuh kaku
·         Menunjukan penarikan
·         Menunda untuk melakukan prosedur
e.       Remaja
·         Merasakan nyeri pada tingkat fisik, emosi dan kognitif
·         Mengerti sebab dan efeknya
·         Menggambarkan rasa sakit dan menguur intensitas nyeri
·         Meningkatkan tegangan otot
·         Menunjukan penurunan aktivitas mototrik
·         Menyebutkan kata sakit atau berdebar untuk menjelaskan nyeri
2.5 Pengukuran nyeri
Sejumlah cara penilaian nyeri telah dikembangkan untuk mengukur nyeri pada anak. Pengukuran nyeri dibagi menjadi 2 kategori, yaitu : pengukuran objektif (objective measure) digunakan untuk mengobservasi skor parameter perilaku (behavioral measure) atau psikologi (physiologic measure) dan pengukuran subjektif (sebjective measure) yaitu laporan diri (self report measure) yang digunakan agar anak dapat mengukur nyerinya (Hockenberry & Wilson, 2009; Potts & Mandleco, 2012)
a.       Pengukuran Objectif (objective measures)
1)      Behavioral Measure
Perngkajian perilaku sangat berguna untuk mengukur nyeri pada bayi dan anak preverbal yaitu anak yang belum memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan nyeri yang dirasakan, atau pada anak dengan gangguan mental yang memiliki kemampuan yang terbatas dalam me nyampaikan kalimat yang memiliki arti. Pengukuran ini bergantung pada observer dalam mengamati dan merekam perilaku anak misalnya vokalisasi (suara), ekspresi wajah, dan gerak tubuh yang menunjukan ketidaknyamanan dalam mengukur nyeri akut, nyeri dari prosedur yang tajam seperti injeksi dan pungsi lumbar, namun kurang realibel saat mengukur nyeri yang berkepanjangan (Hockenberry & Wilson, 2009). Terdapat beberapa skala pengkajian perilaku nyeri yang sering digunakan, antara lain (James & Ashwill, 2007; Hockenberry & Wilson, 2009; Potts & Mandleco, 2012) :
a)      FLACC Pain Assessment Tool
Skala ini digunakan untuk mengkaji intensitas nyeri pada anak mulai usia 2 bulan – 7 tahun. Skala ini terdiri dari 5 penialain dengan skor total 0 untuk tidak ada nyeri dan 10 untuk nyeri hebat.
Penilaian tersebut adalah ekspresi muka (0-2), gerakan kiri (0-2), aktivitas (0-2), menangis (0-2), kemampuan dihibur (0-2). Hasil skor perilakunya adlah : 0 untuk rileks dan nyaman, 1-3 nyeri ringan/ ketidaknyamanan ringan, 4-6 nyeri sedang, 7-10 nyeri hebat/ketidaknyamanan berat.
Sumber : Potts & Mandleco, 2012
b)      The Children’s Hospital of Eastern Ontario Pain Scale (CHEOPS)
Skala ini digunakan untuk mengkaji intensitas nyeri pada anak usia 1-5 tahun skala ini terdiri dari 6 kategori dengan skor total 4 untuk tidak ada nyeri dan 13 untuk nyeri hebat.
c)      The todler – Preschooler Postoperative Pain Scale (TPPPS)
Skala ini digunakan untuk mengobservasi nyeri pasca operasi pada anak usia 1-5 tahun. Skala ini terdiri dari tiga kategori perilaku nyeri yaitu :
1.      Keluhan nyeri secara verbal
2.      Ekspresi wajah
3.      Ekspresi nyeri tubuh
d)     Deferens Postoperative Pain Rating Scale (PPPRS)
Skala ini adalah skala yang dapat digunakan orangtua untuk menilai nyeri yang dirasakan anak mereka dengan mencatat perubahan perilaku anaknya.
e)      Neonatal Infant Pain Scale (NIPS)
Skala ini mengkaji intensitas nyeri pada bayi dengan rata-rata umur kehamilan 33,5 minggu. Skala terdiri dari enam variable penilaian dengan total score 0 untuk tidak ada nyeri sedangkjan 7 nilai nyeri hebat. Variable yang dinilai adalah ekspresi wajah (0-1), menangis (0-2), pola pernafasan (0-1), tangan (0-1), kaki (0-1), dan kepekaan terhadap rangsangan (0-1).
f)       CRIES (Crying, Requiring, Increased, Oksigen, Increased Vital Sign, Ekspresion, and Sleeplessness)
Skala ini digunakan untuk mengkaji intensitas nyeri pasca bedah neonatal (0-6 bulan) yang baru. Skala ini terdiri dari 5 penilaian dengan score total 0 untuk tidak ada nyeri dan 10 untuk nyeri hebat. Penilaian tersebut adalah menangis (0-2), peningkatan kebutuhan oksigen tambahan (0-2), peningkatan tanda vital (0-2), ekspresi (0-2), tidak bisa tidur (0-2).
g)      Skala nyeri post operasi (post operative pain score/POPS)
skala ini di gunakan untuk mengkaji nyeri pada bayi usia 1-7 bulan. Skala ini terdiri dari 10 penilaian dengan masiang-masing skor 0-2 dengan rentang skor total 0 untuk nyeri hebat dan 20 untuk tidak nyeri. Variabel yang di nilai adalah tidur (0-2), fleksi jari-jari tangan maupun kaki (0-2), exoresi wajah (0-2), kemampuan menghisap(0-2), kualitas menangis (0-2), suara (0-2), rangsangan spontan (0-2), consolability (kemampuan dihibur) (0-2), keramahan (0-2).
h)      pain assessment tool (PAT)
Skala ini di guakan untuk mengkaji intensitas nyeri pada bayi dengan umur kehamilan 27 minggu sampai matur. Skala ini terdiri dari 10 variabel penilaian dengan skor total 4 untuk tidak ada nyeri dan 20 untuk nyeri hebat. Variabel tersebut adalah sikap/suara (1-2), pernafasan (1-2), pola tidur (0-2), frekuensi jantung (1-2), ekpresi (1-2), saturasi (0-2), warna (0-2), tekanan darah (0-2), menangis (0-2), persepsi perawat (0-2).
i)        pain ranting scale (PRS)
skala ini di gunakan untuk mengkaji intensitas nyeri pada bayi umur 1-36 bulan. Skala ini terdiri dari 6 penialaian dengan skor total 0 untuk tidak ada nyeri dan 5 untuk nyeri hebat. Penilaian tersebut adalah tersenyum, tidur tidak ada perubahan ketika di gerakan maupun di sentuh (0), membutuhkan sedikit kata-kata, gelisah bergerak, menagis (1), perubahan perilaku, tidak mau makan/minum, menangis dengan periode pendek, menglihkan perhtian dengan bergoyang atau dot (2), peka rangsang, tangan dan kai bergerak-gerak, wajah menangis (3), menggapai-gapai, meratap dengan nada tinggi, orang tua meminta obat untuk mengurangi nyeri, tidak dapat mengalihkan perhatian (4), tidur yang lama terganggu sentakan, terus menerus, pernafsan cepat dan dangkal (5).
j)        objective pain score (OPS)
skala ini digunakan untuk mengkaji intensitas nyeri pada anak mulai 4 bulan sampai 18 tahun. Skala ini terdiri dari 5 penilaian dengan skor total 0 untuk tidak ada nyeri dan 10 untuk nyeri hebat. Adapun penilaian tersebut adalah tekanan daran (0-2), menangis (0-2), bergerak (0-2), agitasi(0-2), dan bahasa tubuh (0-2).
k)      nurses assesment of paint inventory (NAPI)
skala ini digunakan untuk mengkaji intensitas nyeri pada anak baru lahir sampai 16 tahun. Skala ini terdiri dari 3 penilaian dengan skor total 0 untuk tidak ada nyeri dan 7 untuk nyeri hebat.penilaian tersebut adalah gerak tubuh (0-2), wajah (0-3), da menyentuh (0-2).
l)        behavioral pain score (BPS)
skala ini digunakan untuk mengkaji intensitas nyeri pada anak usia 3-36 bulan. Skala ini terdiri dari 3 penilaian dengan skor total 0 tidak ada nyeri dan 8 untuk nyeri hebat. Penilaian tersebut adalah ekspresi wajah (0-2), menangis (0-3), dan bergerak (0-3).
m)    modified behavioral pain score (MBPS)
skala ini digunakan untuk mengkaji intensitas nyeri pada usia 4-6 bulan. Skala ini terdiri dari 3 penilaian dengan skor total 0 untuk todak ada nyeri dan 10 untuk nyeri hebat. Penilaian tersebut adalah ekspresi wajah (0-3), menangis (0-4), dan gerak (0,2,3).
n)      riley infant scale (RIPS)
Skala ini digunakan untuk mengkaji i tensitas nyeri pada usia lebih dari 36 bulan. Skala ini terdri dari 3 penilaian dengan skor total 0 untuk tidak ada nyeri dan 3 untuk nyeri hebat. Penilaian tersebut adalah wajah netral, tenang, tidur tenang, tidak ada teriakan, consolable, bergerak dengan mudah (0); mengerutkan kening, gerakan tubuh gelisah, sudah tidur, merintih, meringis, dengan sentuhan (1), gigi terkatup, agitasi moderat, tidur sebentar-sebentar, sulit untuk di hibur, menangis (2), dan ekpresi menangis penuh, meronta-ronta, tidur waktu yang lama terganggu oleh sentakan atau tidak tidur, menangis dengan nada tinggi, tidak dapat di hibur, menjerit ketika di sentuh/pindah (3).
2)      Physiologic measures
Pengukuran fisiologis dapat dipisahkan dari repon tubuh terhadap nyeri dan bentuk stress dan lainnya pada tubuh. Perubhan fisiologis secara mendalam/besar seringkali myertai pengalaman nyeri. Parameter fisiologis, antara lain denyut nadi, pernafasan, tekanan darah, telapak tangan berkeringat, level kartison, oksigen transkutaneus, vagal tone, dan konsentrasi endhorpin. Parameter ini tidak menunjukan lokasi nyeri, tetapi memberikan informasi yang berguna mengenai tingkat distress (keadaan bahaya) untuk secara umum yang mengalai nyeri. Penilaian nyeri secara fisiologis berguna pada infant dan anak yang tidak bisa berkomunikasi secara verbal (Hockenberry & Wilson, 2009).
b.      Pengukuran subjektif (subjective- self report measures)
semua jenis rasa nyeri, informasi terpentik dapat di peroleh ketika anak mengukur rasa nyeri itu sndiri. Beberapa metode membatu anak-anak dalam mengukur nyeri mereka sendiri. Pemilihan ukuran tertentu dapat harus di dasarkan pada tigkat perkembangan anak dan kesukaan, kebijakan institusi, dan ketersediaan instrumen. Sebuah ukuran kuantitatif nyeri juga menambah validitas ketika mendiskusikan oengbatan nyeri dengan anggota tim perawatankesehatan karena melaporkan nyeri anak dengan angka atau langkah-langkah yang lebih kredibel dari pada mengatakan “dia bilag dia sakit” (potts & mandleco, 2012). Terdapat beberapa skala pengukuran nyeri pada anak, antara lain (Hockenberry & Wilson, 2009)
1)      Faces Pain Rating Scale (Wong and Baker, 1998)
Skala ini digunakan pada usia 3 tahun dan usia yang lebih tua.
2)      Oucher (Beyer, Denyes and Villarruel, 1992)
Skala ini digunakan pada anak usia 3-13 tahun.
3)      Word Graphics Rating Scale (Tesler, Savedra, Holzemer, and others, 1991)
Skala inidigunakan pada anak usia 4-17 tahun.
4)      Numeric Scale
Skala ini digunakn pada anak usia 5 tahun dan anak usia yang lebih tua.

5)      Visual Analog Scale (VAS) (Cline. Herman, Shaw, and others, 1992)
Skala ini digunakan pada anak usia 4,5 tahun dan usia yang lebih tua; pada umumnya pada anak usia 7 tahun
2.6 Penatalaksanaan Nyeri  
Nyeri dapat memperngaruhi psikologis dan perilaku, intervensi non farmakologis penting dalam mengubah persepsi nyeri/perilaku. Intervensi ini bertujuan untuk mengurangi rasa takut, penderitaan dan meminimalkan rasa sakit dan meningkatkan pengendalian rasa nyeri pada anak (Ekweueme. 2009). Intervensi non farmakologis harus cocok untuk anak, dan agar efektif teknik harus sesuai tahap perkembangan, keperibadian, dan keadaan sekitar anak.
(James & Ashwill, 2007) teknik-teknik ini dapat ditetapkan dalam 3 kategori besar (ekweume, 2009), antara lain :
-          Metode kognitif yang meliputi pendidikan/persiapan, musik, imagery guided, distraksi dan hipnosis
-          Metode perilaku diantaranya adalah teknik relaksasi otot, progresif, latihan biofeedback, kontrol pernafasan dan hipnosis
-          Metode fisik misalnya kompres hangat atau dingin, pijat dan sentuhan, transkutan stimulasi syaraf listrik (TENS), akupuntur/akupresur, dll.
Penatalaksanaan nyeri secara non farmakologis pada anak antara lain (James & Ashwill, 2007; Potts & Mandleco, 2012) :
a.       Distraksi
Prinsip distraksi ialah mengalih fokus anak terhadap nyeri yang dirasakan kepada hal kegiatan lain yang disenangi seperti mendengarkan musik, bermain, menonton video dan lainnya.
b.      Breathing Techniques
Pola pernafasan tertentu diatur agar dapat meningkatkan relaksasi anak. Tekhik pola pernafasan membutuhkan konsentrasi dan perhatian anak sehingga mengambi pikiran dari rasa sakit prosedural. Dua jenis teknk pernafasan dapat digunakan : pernafasan dada berirama dalam dan berpola pernafasan dangkal.
c.       Guided Imagery
Imajinasi dipandu adalah proses relaksasi dan fokus konsentrasi pada membayangkan gambar. Guided Imagery berguna untuk kecemasan pra operasi dan manajemen nyeri pasca operasi. Anak didorong untuk membayangkan berada ditempat favorit dan kemudian membayangkan pemandangan, suara dan bau di tempat favorit tersebut.


DAFTAR PUSTAKA
Berman, A., Snyder, S., Kozier, B., & Erb,G (2009). Buku Ajar Praktik Keperwatan klinik koziet dan erb. Jakarta : EGC
Ekwueme,  H. (2009) Non-Pharmacological Management Of Pain in children.
Hockenberry, M.J., & Wilson, D (2009) Wong’s essential of pediatric nursing. (8th ed) St. Louis : Mosby  Elsevier.
James SR., & Ashwill, J. W (2007) Nursing care of children principles & practice (8th ed). St louis : sounders Elsevier
Potts, N.L., & Mandleco, B.L. (2007). Pediatric nursing caring for children and their families. (3rd ed). New York: thomsom Delmar Learning
Potts, N.L., & Mandleco, B.L. (2012). Pediatric nursing caring for children and their families. (3rd ed). New York: Delmar Cengange Learning



Komentar